Pokdarwis Salingka Batang Kabung Dirikan Koperasi Sadar Wisata

 


Padang-Kelompok sadar wisata salingka batang kabung (Pokdarwis) dirikan Koperasi Sadar Wisata setelah kegiatan diskusi publik dan sosialisasi sapta pesona, yang di laksanakan oleh pokdarwis salingka Batang Kabung dengan dinas Pariwisata Kota Padang.


Mengundang Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang yang diwakili oleh Kabid Destinasi dan Daya Tarik Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Padang Diko Rivo Utama,. S. STP menjadi narasumber dalam kegiatan yang mengangkat tema “Sarasehan Ramadhan di Desa Wisata” dilaksanakan diKedai Nova Jl. Tarbiyah 2, Bungo Pasang, Kec. Koto Tangah, Kota Padang,Kamis (21/3/2024).


Dalam rangkaian kegiatan tersebut POKDARWIS Salingka Batang Kabung juga membentuk lembaga khusus sebagai anak organisasi yang bergerak khusus dalam mengelola gerakan ekonomi wisata yang di kemas dengan semangat koperasi dan di beri nama Koperasi Sadar Wisata atau di singkat dengan KOPDARWIS.


Rifki Fernanda Sikumbang sebagai Sekretaris Umum Pokdarwis Salingka Batang Kabung yang ketika itu juga berperan sebagai salah satu pemateri dalam diskusi publik itu berharap KOPDARWIS dapat menjadi wadah bernaungNYA umkm-umkm yang telah bergabung, sehingga dengan gerakan koperasi KOPDARWIS mampu menjadi lembaga yang benar-benar mampu bergerak menuju kearah kesejahteraan dan menghadirkan rasa aman nyaman bagi anggotanya, " _Secara fungsi POKDARWIS memiliki tugas umum dalam pengembangan pariwisata di wilayah kami, sehingga masih banyak PR kami yang satu persatu harus kami laksanakan. Dengan didirikannya lembaga Semi otonom ini kami berharap KOPDARWIS dapat menjadi wadah bernaungNYA umkm-umkm yang telah bergabung, sehingga dengan gerakan koperasi KOPDARWIS mampu menjadi lembaga yang benar-benar mampu bergerak menuju kearah kesejahteraan dan menghadirkan rasa aman nyaman bagi anggotanya sehingga dapat membantu meringankan upaya dalam mewujudkan garis besar haluan wisata untuk daerah wisata desa kami_ " ungkapnya.


" _Masih banyak lagi tentunya yang harus di realisasikan dalam rangka menjadikan desa kami ini menjadi The Real desa wisata, seperti dengan mendirikan Kelompok Siaga Bencana, pendirian lembaga yang bergerak di bidang Market Event yang tentunya bermuara pada wisata yang me-representasikan bulir-bulir dari Sapta Pesona Pariwisata_ " tutupnya.

Salah satu hasil dari musyawarah forum pembentukan Koperasi Sadar Wisata tersebut adalah dengan terpilihnya 

M. Dafis Afrialdi sebagai Ketua, Guntur Aditya sebagai Wakil, Agung Sebagai Sekretaris dan Nova Arlin Sebagai bendahara.

Dalam kesempatan itu, pria yang akrab di sapa Dafis tersebut mengungkapkan niat dalam dalam visinya akan siap menjalankan roda organisasi dengan semangat koperasi dan siap membesarkan organisasi dengan seluruh jejaring yang dia miliki, " _Saya siap mengemban amanah dengan semangat organisasi dan dengan visi siap membesarkan organisasi dengan membawa program-program dari jejaring yang saya miliki dengan lembaga-lembaga terkait_ " Ungkapnya. (And)

0 Komentar

Labels Cloud